Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta

Authors

  • Nur Rahmi Sonia IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.95

Keywords:

infrastructure management of education, Islamic Senior High School

Abstract

Artikel ini menjelaskan mengenai hasil implementasi manajemen sarana prasarana pada sebuah Madrasah Aliyah (MA) swasta di Beton, Ponorogo, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dari sumber yang sama, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi manajemen sarana prasarana di MA ini terdiri dari proses perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan pengawasan. Pertama, perencanaan terdiri dari kegiatan penyusunan daftar kebutuhan, estimasi biaya, menetapkan skala prioritas dan menyusun rencana pengadaan. Kedua, pengadaan terdiri dari pembelian, penerimaan hibah, penyewaan, pinjaman dan rekondisi. Ketiga, pemeliharaan dilakukan dengan cara membentuk tim pemeliharaan, menyusun daftar pemeliharaan, menentukan jadwal pemeliharaan secara rutin dan berkala, dan evaluasi pemeliharaan. Keempat, pengawasan dilakukan melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana melaporkan hasil pengawasan kepada kepala sekolah, penyusunan laporan pengawasan, dan pelaporan kepada pihak yayasan setiap enam bulan sekali dan setahun sekali.

Kata Kunci: manajemen sarana prasarana pendidikan, Madrasah Aliyah

Abstract

This article is to explain the results of the implementation of infrastructure management at a private Madrasah Aliyah, Beton, Ponorogo, East Java. The type of research used in this research is qualitative research with a case study approach. The data collection technique in this study was carried out by triangulation which was carried out using observations, interviews and documentation from the same source.  While the data analysis techniques used are data collection, data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of this study are that the implementation of infrastructure management at this madrasah consists of the planning, procurement, maintenance and supervision processes. First, planning consists of preparing a list of needs, estimating costs, setting priorities and compiling a procurement plan. Second, procurement consists of purchasing, receiving grants, leasing, lending and reconditioning. Third, maintenance is carried out by forming a maintenance team, compiling a maintenance list, determining routine and periodic maintenance schedules, and evaluating maintenance. Fourth, supervision is carried out through the vice principal for infrastructure reporting the results of supervision to the principal, preparing supervision reports, and reporting to the foundation once a month and once a year.

References

Aedi, Nur. Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jakarta: Insan Rabbani, n.d.

Ananda, Rusydi, and Oda Kinanta Banurea. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan,” n.d.

Arikunto, Suharsimi, and Lia Yuliana. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 2009.

Barnawi, and Muhammad Arifin. Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Dermawan, Oki. Manajemen Fasilitas Pendidikan. Jakarta: Edu Pustaka, n.d.

Fathurrahman, and Rizky Oktaviani Putri Dewi. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Mendukung Proses Belajar Siswa Di SDN Puter 1 Kembangbahu Lamongan.” Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 8, no. 1 (n.d.).

Fattah, Nanang. Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2012.

Haris, Ikhfan. Manajemen Fasilitas Pembelajaran. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press, n.d.

Huda, Mohammad Nurul. “Optimalisasi Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 2 (n.d.).

Jambak, Maryam. “Manajemen Sarana dan Prasarana SD Negeri pada Daerah Terpencil (Studi Kasus SDN 280 Aek Manggis Kecamatan Batang Kabupaten Mandiling Natal",” n.d.

Juni, Donni, and Agus Garnida. Manajemen Perkantoran. Bandung: Alfabeta, 2013.

Kependidikan, Direktorat Tenaga. Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional, n.d.

———. “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, n.d.

Kristiawan, Muhammad, Dian Safitri, and Rena Lestari. Manajemen Pendidikan. Sleman: Deepublish, n.d.

Machali, Imam dan Ara Hidayat. “The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik,” n.d.

Matin, and Nurhattati Fuad. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset, n.d.

Nurabadi, Ahmad. Manajemen Sarana dPrasarana Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, n.d.

Prastyawan. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 6, no. 1 (n.d.).

Sherly, Leni Nurmiyanti, Hery YNto, Fifit Frirmadani, Safrul Nuramila, Sonia Nur Rahmi, Suharto Lasmono, et al. Manajemen Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina, 2020.

Sinta, Ike Malaya. “Manajemen Sarana dan Prasarana.” Jurnal Islamic: Education Manajemen 4, no. 1 (n.d.).

Soetopo. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang, 1998.

Sonia, Nur Rahmi. Manajemen Pendidikan: Tinjauan, Teori dan Praktis. Bandung: Widina, n.d.

Suryani. “Manajemen Sarana Prasarana dan Prestasi Belajar Peserta Didik.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7, no. 2 (n.d.).

Trisnawati, Cut Zahri Harun, and Nasir Usman. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 7, no. 1 (n.d.).

Yamin, Muhammad, Tobari, and Missriani. “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD IT Kautsar Ilmi Tanjung Raja.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains 9, no. 1 (n.d.).

Yudhi, Alex Aldha. “Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana Dan Prasarana PPLP).” Cerdas Syifa 1, no. 1 (2012): 1–9.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Sonia, N. R. (2021). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 237-256. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.95